Bisnis Media Terdampak Covid-19, Pendapatan Turun Hingga 80 Persen

  • Whatsapp

media

Pandemi Virus Corona (Covid-19) berdampak ke semua sektor, termasuk media massa. Pendapatan media menurun hinga 80 persen.

Menurut hasil survei Imogen Communication Institute (ICI) terhadap 140 media di 10 kota besar di Indonesia, mayoritas atau 70,2 persen responden menyatakan pandemi Covid-19 berdampak terhadap bisnis media.

“Yang paling berdampak adalah pendapatan dari media,” kata Managing Direcor ICI Jojo S. Nugroho dalam webinar, Kamis (23/7/2020), dikutip Tempo.

Sebanyak 39 persen dari dampak tersebut terkonsentasi pada menurunnya pemasukan iklan dan berkurangnya sponsor kegiatan. Akibatnya, arus kas perusahaan terganggu dan sebagian harus melakukan efisiensi karyawan.

Sebanyak 15,3 persen responden menyatakan tidak ada dampak pandemi terhadap bisnis media. Sebanyak 14,5 persen menyatakan tidak tahu.

Ketua Umum Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Wenseslaus Manggut mengakui dampak buruk Covid-19 terhadap bisnis media.

Dari survei AMSI, pendapatan media turun sekitar 40 persen. “Ada yang sampai 80 persen,” katanya.

Akibatnya, sebagian media sudah melakukan PHK dan pemotongan gaji. Dalam survei AMSI, sebagian perusahaan media pun menyatakan hanya sanggup bertahap sampai September 2020, paling kuat Desember 2020. Jika tak lagi kuat, sebagian menyatakan siap tutup.

Media di luar negeri juga terdampak Covid-19. Pekan lalu BBC dan The Guardian merumahkan ratusan karyawan akibat kesulitan keuangan. Pendapatan kedua media besar di Inggris itu menurun.*

 

Related News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *